Manfaat Latihan Otot Fisik [Gym]

“Berjalan-jalanlah atau pergilah ke gym untuk latihan cepat. Salah satu manfaat mental yang paling umum dari olahraga adalah menghilangkan stres. Mengolah keringat bisa membantu mengatasi stres fisik dan mental. Olahraga juga meningkatkan konsentrasi norepinephrine, zat kimia yang dapat memoderasi respon otak terhadap stres.”


Dulu gue orang yang gemuk bangat, dan nggak suka sama olah raga, kecuali renang, itu pun jarang sekali gue lakoni. Tapi orang mangkin lama usia mangkin berlanjut, biasanya untuk pria, menjelang usia 30, akan merasakan sesuatu yang berubah atau berkurang dari dalam dirinya berbanding saat usia 20an.

Semangat dan kekuatan fisik mulai mengendur sedikit. Kita cenderung jadi lebih malas untuk berolah raga namun konsumsi makan makanan bersantan, berlemak, gorengan dan makanan berlemak, minuman manis buatan, ataupun minuman yang manis manis lainnya, nampaknya terus berlanjut dan bahkan lebih banyak, alasannya capek bekerja dikantor perlu asupan nutrisi yang lebih. Tapi alasan hanyalah sebuah alasan belaka, sebuah pelarian, namun seberapa kencang kita mencari alasan untuk sebuah pelarian, tetap saja banyak orang yang tidak luput dari akibat pelariannya tersebut. Ditambah lagi tak sedikit pria yang adalah perokok aktif ataupun suka minum minuman beralkohol [liquor].

Kolesterol mulai meningkat, ini akibat banyak alasan dan malas berolah raga, kadar gula darah mulai tidak stabil alias tinggi dan tekanan darah tinggi meningkat. Ujung ujungnya “mengadu” sambil ketakutan berdoa ama yang diatas, nanti kalau yang diatas balikin “lho kenapa kamu mau makan dan minum enak tapi males berolah raga?” bukannya nyaho loe? gak jadi mengeluh kan? karena seringkali kita berdoa yang ujung ujungnya “Aku yang bener dan tidak boleh disalahkan, Aku yang pantas kau tolong, dan Aku Aku yang lainnya”, sedangkan faktor faktor lainnya yang penting dan utama kita menutup mata atau pura pura tidak tahu.

Untungnya, gue udah mulai berolah raga diusia menjelang 30, bertahap, dari lari, renang, sampai nge-gym [melatih otot]. Dan hasil yang gue dapet, selain lebih bugar dan sehat, gue juga lebih percaya diri dan yang terpenting dari kaum pria adalah mengenal lebih banyak lagi orang, karena punya banyak teman pun itu fun.

Gue coba terjemahin artikel bahasa Inggris dibawah ini, yang mana gue juga udah ngalami hasilnya dan gak nyangka bisa sedemikian hebatnya manfaat dari Latihan Otot Fisik [gym].

Manfaat dari berolah raga di pusat kebugaran
[exercise atau ngelatih otot tubuh]

Meredakan stress

Anda mengalami hari yang menjenuhkan dikantor? segera berjalan jalanlah atau pergi ke fitness center dan melakukan latihan singkat. Karena salah satu manfaat dari berjalan jalan atau workout adalah mengurangi stress. Mengolah keringat bisa membantu mengatasi stres fisik dan mental.

Olahraga juga meningkatkan konsentrasi norepinephrine, hormon yang dapat memoderasi respons otak terhadap stres.

***Norepinephrine adalah hormon yang dilepaskan oleh medula adrenal [yang mengontrol berbagai hormon didalam menangani stress fisik dan mental] dan oleh saraf simpatik yang fungsinya sebagai neurotransmiter.

Jadi jangan jenuh untuk berolah raga dan berkeringat, karena akan meredakan stress dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk meredakan ketegangan mental yang anda alami.

Meningkatkan happy chemicals dan secara bertahap mengatasi kecemasan berlebih [anxiety]

Pada saat kita exercise [latihan fisik - gym], fisik kita melepaskan zat yang disebut endorfin.
Hasil riset telah menunjukkan bahwa dengan berolah raga, tingkat produksi hormon stress ataupun depresi dalam tubuh seseorang menjadi berkurang, dan gejala klinis dari depresi bisa dihindari. Untuk alasan ini, dokter menyarankan agar orang yang menderita depresi atau kecemasan berlebih [social fobia dan social anxiety] seyogyanya lebih sering berlatih fisik di pusat kebugaran.

Dalam kasus tertentu yang ditunjukkan oleh pasien pasien yang menderita depresi, dengan hasil dari proses pengobatan yang dilakukan di rumah sakit di Amerika Serikat, dosis konsumsi obat dari pil antidepresan diturunkan karena tingkat depresi pasien berkurang jauh. Jadi jangan ragu lagi untuk melatih otot tubuh anda dengan cara yang benar dan dapatkan manfaat kesehatannya.

Apakah Endorfin itu?
Ketika tubuh Anda mengalami stres atau mengalami rasa sakit, zat kimia dari saraf yang disebut endorfin diproduksi otak pada bagian hipotalamus dan pada kelenjar pituitari, jelas J. Kip Matthews, Ph.D, seorang psikolog olahraga dan latihan beban.

Endorfin, yang secara struktural mirip dengan morfin, dianggap sebagai penghilang rasa sakit alami yang diproduksi tubuh, karena mereka mengaktifkan reseptor opioid di otak yang membantu meminimalkan ketidaknyamanan, kata Matthews.

Yang mana dapat membantu mewujudkan perasaan euforia [sensasi rasa gembira atau senang] dan merasa nyaman. "Endorfin juga terlibat dalam serangkaian kegiatan seperti makan, minum, berhubungan seksual yang nyaman dan nikmat, serta rasa kasih sayang," katanya.

Meningkatkan rasa percaya diri

Pada tingkat yang sangat dasar, kebugaran fisik dapat meningkatkan wujud harga diri dan meningkatkan citra diri yang positif. Terlepas dari berat, ukuran, jenis kelamin, atau usia, olahraga dapat dengan cepat meningkatkan persepsi seseorang tentang daya tariknya, yaitu kepercayaan diri. Apa anda ingin memiliki rasa percaya diri? Mulai sekarang rutih berolah raga, mulai dari lari pagi santai [30 menit minimal], bermain basket, sepak bola, renang ataupun melatih otot [gym].

Dan yang terpenting adalah
Latihan Otot Fisik [Workout - gym] sangat baik untuk otak.

Selain berkurangnya depresi atau kondisi mental yang lebih stabil, ingatan kita pun akan jadi lebih baik, sehingga proses belajar jadi lebih cepat. Dari hasil penelitian pun menunjukkan bahwa Latihan Otot Fisik [gym] adalah cara yang terbaik untuk mencegah atau menunda munculnya Alzheimer, sebuah kondisi yang sangat ditakuti oleh orang Amerika Serikat.

Para ilmuan tidak tahu persis mengapa latihan otot [gym] bisa mengubah struktur dan fungsi otak, hal ini masih menjadi fokus akan penelitian oleh ilmuan ilmuan dunia. Sejauh ini, minimal para ilmuan telah menemukan bahwa latihan otot [gym] meningkatkan asupan aliran darah ke otak, mengasupi tumbuhnya [munculnya] pembuluh darah yang baru dan bahkan produksi atau munculnya sel sel otak yang baru, semua itu berkat protein BDNF.

     Protein BDNF adalah protein yang sangat penting dalam peran fungsi otak akan ingatan jangka panjang. BDNF sendiri penting untuk ingatan jangka panjang. [10] Meskipun sebagian besar neuron di otak mamalia terbentuk secara prenatal, bagian otak orang dewasa mempertahankan kemampuan untuk menumbuhkan neuron baru dari sel induk saraf dalam proses yang dikenal sebagai neurogenesis.

  Neurotrofin adalah protein yang membantu merangsang pertumbuhan dan mengendalikan neurogenesis, BDNF menjadi salah satu yang paling aktif.

     Kasus pada tikus, sebuah riset yang dilakukan ilmuan, anak tikus yang lahir tanpa kemampuan untuk membuat BDNF menderita cacat perkembangan di otak dan sistem saraf sensorik, dan biasanya meninggal segera setelah kelahiran, menunjukkan bahwa BDNF memainkan peran penting dalam perkembangan saraf normal. Neurotrofin penting lainnya yang terkait secara struktural dengan BDNF meliputi NT-3, NT-4, dan NGF.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, BDNF memicu pertumbuhan neuron baru dan membantu memperbaiki dan melindungi sel otak dari degenerasi. Protein ini juga yang dapat membantu seseorang untuk bisa lebih berfokus.

==========

Selain dari pada hal hal yang disebutkan diatas, melatih otot [gym] membantu bentuk fisik kita terlihat lebih baik, namun jangan berharap dalam waktu 3 bulan langsung terlihat baik. Tidak demikian! Yang tepat adalah perlu waktu jangka panjang, minimal 1 tahun akan nampak solid dan stabil. “cepat jadi cepat hilang, bertahap jadi maka solid pula jadinya”

Selain itu metabolisme tubuh akan bekerja dengan baik, sehingga membuat fisik jadi lebih sehat.

Dengan berolah raga akan membantu mengurangi berat badan dan mengurangi resiko akan terjangkitnya beberapa jenis penyakit, diantaranya adalah diabetes dan tekangan darah tinggi. [melalui instruktor di pusat kebugaran yang anda kunjungi], mintalah diajari tahap tahap berlatih bagi pemula [bagi anda pemula] dan dapatkan cara melakukan latihan secara benar sesuai kemampuan, bukan sesuai dengan beban yang diangkat “tetangga” disebelah anda. Kemudian secara bertahap [dalam hitunggan 3 minggu] naikkan beban hingga performance lebih maximal.

Penggunaan suplemen diperlukan apabila setelah anda berlatih lebih dari enam bulan dan dalam enam bulan tersebut rutin melakukan latihan otot mulai dari hari senin sampai jumat, tidak perlu dalam durasi waktu yang lama, cukup satu jam sampai satu setengah jam setiap kali datang ke pusat kebugaran. Setelah rutinitas secara demikian selama enam bulan, jika anda mulai berlatih lebih keras dibandingkan sebelumnya dan dalam durasi yang tadinya sekali datang ke pusat kebugaran cuma satu jam menjadi satu setengah jam dengan beban yang diangkat meningkat, mungkin hal ini perlu. Silakan berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen, nanti bisa diarahkan hendak mengkonsumsi suplemen jenis apa yang terbaik buat anda.







Sumber:


  1. http://kidshealth.org/en/teens/exercise-wise.html
  2. https://draxe.com/benefits-of-exercise/
  3. http://time.com/4474874/exercise-fitness-workouts/
  4. http://www.fitnessmagazine.com/workout/tips/power-surge-the-hidden-benefits-of-exercise/
  5. http://www.menshealth.co.uk/fitness/4-surprising-benefits-of-exercise
  6. http://teens.webmd.com/benefits-of-exercise#1
  7. http://lifestyle.kompas.com/read/2017/01/29/181155223/keanggotaan.gym.terbukti.bermanfaat.untuk.kesehatan
  8. http://edition.cnn.com/2016/01/13/health/endorphins-exercise-cause-happiness/
  9. https://greatist.com/fitness/13-awesome-mental-health-benefits-exercise

Comments

Popular posts from this blog

Rhinos Fitness Club - Pamulang Timur Tanggerang

AKA Gym - Bekasi

Kongkow Gym - Kranji

Cidera Otot Leher

Platinum Gym - Jakarta Timur

Gorilla Gym

King Gym Jakarta

Menteng Fitness Center - Bekasi Barat

Apakah Asam Amino & Fungsi-nya?

Berlatih "Kabel Menyilang"

Join Our New Facebook Group