Pelatihan Otot Paha Dan Kaki [1]


Pada awalnya gue ikut pelatihan fisik [Physical Fitness Exercise- PFE] di pusat kebugaran ada pelatih disana yang memberikan instruksi awal atau perkenalan bagaimana memulai PFE. Ia mengajari gue tiap kali sebelum menggunakan alat atau mesin, harus perenggangan otot fisik [Muscle stretching] terlebih dahulu.

Ia menjelaskan kalau tidak melakukan perenggangan, kemungkinan nantinya bisa mengakibatkan cidera otot atau semacam keseleo. Sedangkan stretching itu sendiri ada beragam jenis. Biasa gue pilih sekitar 8 jenis stretching atau perenggangan. Untuk pelatihannya, silakan lihat di gambar gambar berikut ini, [biasa di tempat gym akan dibimbing oleh pelatihnya]:

Stretching 1

Stretching 2

Stretching Seluruh Badan

Pelatihan Otot Paha Dan Kaki

Setelah melakukan perenggangan otot tubuh, gue diarahin ke leg press, dia bilang ini ngebantu menguatkan otot paha dan kaki, sehingga baik sekali buat pemula untuk berlatih ini, biar otot kaki dan pahanya kuat kelak. Selain itu, ada orang yang masih termasuk sanak famili jauh, yang juga sekitar 30 tahun yang lalu merupakan salah satu binaragawan di pusat kebugaran koni - Jakarta barat, setuju dengan pelatihan otot kaki yang dianjurkan oleh pelatih ini, beliau bilang, "kadang kala saat kita sudah fokus kepada pelatihan lengan, dada, punggung dan bahu, kita lupa atau jarang jarang berlatih otot paha atau kaki, sadar sadarnya pada saat sudah bangga dengan terbentuknya otot lengan, dada, bahu dan punggung [di Indonesia dibilang otot sayap, bahasa Inggrisnya adalah back muscle atau punggung], tapi pada saat die ngaca didepan cermin, ngelihat bagian tubuh atas berkembang tapi begitu matanya mengarah kebawah dia kaget, kok size bagian kakinya gak sepadan dengan betapa kekarnya belahan atas tubuh? Baru deh latihan otot paha dan kaki, sayangnya perlu waktu yang tidak sedikit didalam membentuk otot paha dan kaki, coba dari awal dilatih berbarengan dengan yang lainnya, seperti yang pelatih kamu anjurkan, itu hal yang bagus untuk dijalankan." 

Sebenarnya cara untuk melatih bagian paha itu banyak, namun alat yang disediakan di rata rata tempat pusat kebugaran biasanya Leg Press. Jadi kita rebahan dengan kaki diatas, dan kemudian lepas penahannya dan kita melatih otot paha dengan mendorong mesin ke atas. Beban bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya, untuk latihan otot paha dan kaki tanpa alat pun anda bisa, yaitu dengan "jongkok bangun" maupun "squat jump", jadi dirumah pun bisa melatih otot paha dan kaki secara efektif. Namun jika kamu ingin melatih di pusat kebugaran, coba leg press, seperti yang ada di video berikut:


Atau bisa pakai cara cara atau metode pelatihan yang dibimbing
dalam gambar gambar dan video dibawah berikut ini
sesuai kebutuhan masing masing:








Untuk pelatihan lebih lanjut boleh juga simak video ini:


Salam Sehat dan Bugar!

Comments

Popular posts from this blog

Rhinos Fitness Club - Pamulang Timur Tanggerang

AKA Gym - Bekasi

Kongkow Gym - Kranji

Cidera Otot Leher

Platinum Gym - Jakarta Timur

Gorilla Gym

King Gym Jakarta

Menteng Fitness Center - Bekasi Barat

Apakah Asam Amino & Fungsi-nya?

Berlatih "Kabel Menyilang"

Join Our New Facebook Group