Membentuk Fisik Yang Kekar Dan Indah

"Tubuh yang ideal bagi binaragawan dinilai dari hasil atau bentuk keseluruhan yang terlihat setelah melalui proses pelatihan fisik. Keindahan fisik tidak dilihat semata mata dari tangan berotot kekar saja, namun juga mulai dari wajah, leher, bahu, punggung, bagian belakang tubuh [sayap], dada, perut, paha sampai betis."



Pada umumnya, awam melihat keindahan fisik atletis pertama tama dari tangannya apakah kekar? Ya juga sih, biasa otot tangan yang diperhatikan terlebih dahulu, namun tahukan teman teman, bahwa pembentukan otot fisik yang ideal [Mungkin kurang tepat kalau dikatakan sempurna, karena pasti ada saja yang kurang jika kita selalu mencari yang sempurna], yang ideal adalah dilihat dari keseluruhan.



Sesungguhnya jika kita berlatih rutin, walau sehari cuma satu jam saja, namun efektif

[tidak berlama lama ngobrol di fitness center atau bersantai dalam waktu yang lama, sehingga orang mengira kalau ia di tempat fitness berlatih dalam waktu yang lama, padahal tidak],

walau cuma sejam saja namun rutin, minimal seminggu 3 sampai 4 kali, dalam waktu tujuh bulan akan sudah nampak perubahan, dan jika konsisten terus dilaksanakan sampai 2 tahun, perubahan otot akan nampak pada tubuh anda, cermin adalah saksinya.

Empat tahun jika dilakukan secara rutin, tubuh anda akan nampak seperti atlet. Foto foto berikut yang ditampilkan di posting ini adalah bentuk fisik ideal, yang diambil dari para pelatih dipusat kebugaran maupun awam yang berlatih rutin sampai membentuk fisik yang indah.






Coba diperhatikan bentuk dada, otot lengan, wajah, sampai perutnya. Lemak tubuh telah membuyar, yang terdominasi oleh otot fisik yang terlatih. Otot dada yang terlatih sampai terbentuk seperti gambar gambar diatas adalah bentuk otot yang ideal. Memang jarang yang sampai membentuk otot dada yang padat alias tidak mengembang, hal ini dikarenakan perlunya latihan yang tepat dan tertata dengan baik, dengan disertai pola makan [non oil food] dan pola hidup yang sesuai [istirahat yang cukup], yang mana sering kita abaikan, terutama jam tidur.

Catatan: untuk masalah lemak tubuh, ada ungkapan dari para ahli mengatakan bahwa lemak dalam tubuh tidak bisa hilang karena mereka telah menjadi binaragawan atau atlit yang terlatih bagian bagian otot tubuhnya. Yang tepat adalah karena perkembangan masa otot maka tubuh atau fisik kita terlihat seolah olah tidak memiliki lemak, karena otot tubuh mencuak jelas kepermukaan, namun sesungguhnya manusia tetap memiliki lemak, cuma saja lapisan tumpukan lemak telah tersisihkan.

Otot Tubuh Bagian Atas


Demikian pula dengan otot biceps dan deltoid [bahu]. Otot lengan bisep dibagi menjadi otot Bisep Brachi pendek dan panjang. Perhatikan saat anda berlatih bisep, jika anda ingin melatih bagian bisep yang letaknya disamping dada itu adalah otot Bisep Brachi Pendek, sedangkan pada bagian lainnya [mengarah agak keluar dari fisik] itu adalah otot bisep Brachi Panjang. keduanya ini harus dilatih secara merata sehingga nampak indah. Jika saat berlatih bisep dengan menggunakan barbell, pelatihan otot ditentukan dengan jarak antara tangan kiri dan kanan, jika mengangkat barbell dengan menaruh jarak antara tangan kiri dan kanan yang tidak jauh [sejajar antara puting kiri dan kanan, bukan selebar bahu], maka yang terlatih adalah otot Bisep Brachi Pendek.

anda bisa melihat instruksi dari video ini
https://www.youtube.com/watch?v=mO70v8F9VeQ


dan untuk deltoid [bahu] sendiri yang ideal adalah jika otot lengan, perut dan dada juga sama terbentuk, minimal tidak ada timbunan lemak, maka sudah termasuk ideal. Seperti foto dibawah ini:


Bentuk tubuh ideal tidaklah didapat hanya dengan berlatih otot saja di pusat kebugaran, namun juga memiliki pola makan yang sehat, atau menghindari makanan berlemak ataupun gorengan. Jadi makanannya cuma dari rebusan atau dikukus, ditambah buah buahan dan sayuran hijau yang banyak mengandung serat. Menggantikan nasi dengan makanan seperti oatmeal atau gandum, atau kalau sulit, bisa juga diganti dengan beras merah. Kandungan protein juga perlu diperhatikan, khususnya makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti tempe, tahu, kacang kacangan, ikan tuna, sarden, dan lain sebagainya. Namun juga jangan lupa kandungan vitamin dan yang lainnya harus seimbang pula. Dan yang paling utama untuk memperoleh bentuk tubuh yang kekar adalah waktu tidur yang tepat.

Tidur yang cukup bukan dihitung dari berapa lama anda istirahat atau tidur, namun dilihat dari jam berapa anda tidur. Fisik ketika hari masuk jam 8 malam sudah seyogyanya tidak digunakan untuk pekerjaan berat, dan jam 9 otak sudah meminta kita untuk istirahat. Jadi yang tepat adalah jam 9 malam sudah tidur, sampai jam 5 pagi bangun. Ini perhitungan yang tepat! Jika dikatakan yang penting 7 jam namun bergadang, ibaratnya, otak dipaksa untuk terus sadar dan dipakai untuk beraktivitas walaupun ringan seperti bermain gadget, tapi ia [otak] telah mengalami forsir [dipaksa] untuk sadar [awake] manakala seharusnya istiharat, lama kelamaan akan berkurang kinerjanya, keesokan harinya akan terasa lelah, walaupun telah tidur 7 jam, karena telah dipaksa sadar semalaman.


Hasil dari pelatihan otot dan hidup yang sehat, maka terbentuklah tubuh yang ideal dan nyaman atau sehat, seperti yang kita harapkan. Beragam penyakit seperti diabetes dan hipertensi lebih bisa dihindari, rasa percaya diri dan kesehatan otak pun meningkat.

Comments

Popular posts from this blog

Rhinos Fitness Club - Pamulang Timur Tanggerang

AKA Gym - Bekasi

Kongkow Gym - Kranji

Cidera Otot Leher

Platinum Gym - Jakarta Timur

Gorilla Gym

King Gym Jakarta

Menteng Fitness Center - Bekasi Barat

Apakah Asam Amino & Fungsi-nya?

Berlatih "Kabel Menyilang"

Join Our New Facebook Group